MAULID

Standard

apa maulid itu ? seberapa besar kandungan yang terkandung didalamnya ?

ini dia uraiannya :

Maulid Nabi atau Maulud adalah peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW, di Indonesia biasanya diselenggarakan pada tanggal 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriyah. Kata maulid atau milad ini di ambil dari bahasa bahasa Arab yang artinya hari lahir. muhammadPerayaannya diperkirakan pertama kali Abu Said Al-Qakburi, gubernur Irbil, di Irak pada masa pemerintahan Sultan Salahuddin Al-Ayyubi (1138-1193), tetapi ada juga yang berpendapatan perayaan mauled pertama kali diperkenalkan oleh Sultan Salahuddin Al-Ayyubi, tujuan awalnya untuk memberi semangat kaum muslim yang sedang terlibat dalam Perang Salib melawan pasukan Kristen Eropa dalam upaya memperebutkan kota Yerusalem dan sekitarnya, tujuan maulid sekarang ialah untuk mengingat serta menghargai jasa-jasa nabi dalam memimpin muka bumi ini juga sebagai rasa hormat, dan sejarah yang kuat untuk penerus generasi selanjutnya.
Sejarah awal mula maulid

Pertama kali yang mengadakan perayaan-perayaan khusus secara umum adalah Ubaidiyyun, sebagaimana disebutkan oleh Al Maqrizi dalam kitabnya “ Al-Mawa’idz Wal I’tibar Bidzikril Khuthath Wal Aatsar “ yang isinya :
“ dahulu para khalifah Bani Fathimiyyun sepanjang tahunnya memiliki hari-hari raya dan musim-musim yaitu: musim permulaan tahun, hari Asyura, dan Maulid Nabi shallallahu alaihi wasallam, dan mauled Ali bin Abi Thalib radhiallahu anhu, dan mauled Hasan dan Husin radhiallahu anhuma, dan mauled Fathimah Az-Zahra radhiallahu anha, dan maulid khalifah Al hadhir, malam pertama Rajab, malam pertengahan Rajab, malam pertama Sya’ban, malam pertengahan Sya’ban, musim malam Ramadhan, awal Ramadhan, Pertengahan Ramadhan, akhir Ramadhan …”

Syaikh Muhammad Bakhit Al-Muthi’ie Mantan Mufti Mesir menyebutkan dalam kitabnya: “Ahsanul Kalam Fiima Yata’allaqu bissunnah wal bid’ah minal Ahkam”: “bahwa pertama kali yang mengada-adakan enam perayaan maulid tersebut yakni: Maulid Nabi shallallahu alaihi wasallam, maulid Ali, Fathimah, Hasan, Husain radhiallahu anhum, dan maulid Khalifah Al-Hadzir yaitu Al-Mu’izzu Lidinillah dan itu pada tahun 362 H. “
Siapakah Bani Ubaidiyyun ? Imam Ibnu Katsir rahimahullah berkata dalam kitabnya “ Al-Bidayah Wannihayah”:
“Raja Bani Fathimiyyun telah berkuasa selama 280 tahun. Yang pertama berkuasa adalah Al-Mahdi orang asli yahudi, lalu masuk kenegeri Maroko dan menggunakan nama Ubaidillah, ia mengaku sebagai keturunan ‘Alawi Fathimiy, dan menyatakan bahwa dia Al-Mahdiyang mendukung hanyalah orang jahil. Karena banyak pengikutnya mereka membuat kota Al-Mahdiyah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s